Pengaruh Balikan Atribusi terhadap Prestasi Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas III Jurusan Mesin STM Negeri Malang

Syarif Suhartadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa setelah diberi balikan Past Attribution (PA), Future Attribution (FA) dan Non Attribution (NA). Balikan atribusi merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh guru untuk meningkatkan usaha siswa sehingga prestasi belajarnya tinggi. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan desain faktorial 2 jalur 3X2. Subjek penelitian berjumlah 47 siswa laki-laki kelas III yang mengalami kegagalan dalam mata pelajaran menggambar teknik di STM Negeri Malang. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis varian 2 jalur untuk jumlah subjek tiap sel yang berbeda (unweight means). Tes perbedaan antar perlakuan balikan menggunakan Scheffe. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perbedaan prestasi belajar siswa setelah diberi baliakn PA, FA, dan NA adalah signifikan, (2) perbedaan prestasi belajar siswa antara yang mempunyai internal focus of control dan external locus of control adalah tidak signifikan, (3) tidak ada interaksi antara pemberian balikan atribusi dengan locus of control.