Pengaruh Penugasan Menyimak Individual pada Kemampuan Menyimak Wacana Bahasa Inggris

Bambang Yudi Cahyono, Maryusman Maryusman, Emalia Iragiliati, Utari Praba Astuti

Abstract


Pada penelitian ini dikaji pengaruh pengajaran menyimak dengan penugasan menyimak individual pada kemampuan menyimak wacana bahasa Inggris. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris IKIP MALANG yang mengikuti matakuliah Listening Comprehension II pada semester I tahun ajaran 1993/1994 yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diajar dengan penugasan menyimak individual sedangkan kelompok kontrol dengan metode teacher-centered. Kemampuan menyimak subyek diukur dengan tes menyimak yang diambil dari TOEFL dengan disesuaikan dengan materi perlakuan yang mereka dapatkan. Skor hasil tes dianalisis dengan Analisis Kovarian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode penugasan menyimak individual lebih efektif daripada metode terpusat pada guru.