PENERAPAN METODE SAS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI SD

Imam Maliki

Abstract


Metode SAS merupakan gabungan beberapa metode yang dianjurkan penggunaannya dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas rendah, sejak diberlakuan kurikulum 1975. Sebagai gabungan beberapa metode, diharapkan metode SAS berhasil baik jika dilaksanakan guru secara tepat. Kenyataan menunjukkan masih ditemukan anak kelas V SD yang belum mampu membaca dengan lancar. Pelaksanaan metode SAS cenderung mekanistik, kurang melibatkan anak secara mental. Bahan ajar yang menjadi titian berpikir analisis-sintesis suatu kalimat, berubah menjadi bahan tubian mekanis yang hanya menjadi bahan hafalan. Model yang tepat untuk bahan ajar dan bahan tubian metode SAS, yang memberikan peluang pada anak didik terlibat secara mental dalam proses analisis-sintesis kalimat dalam pembelajaran membaca permulaan. 




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats