PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PEMEROLEHAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD LABORATORIUM UM

- Sukamti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan pemerolehan konsep dalam pengunaan pendekatan keterampilan proses; (2) keterlibatan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan keterampilan proses untuk pemerolehan konsep; (3) kendala guru terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses untuk pemerolehan konsep. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan yang memiliki 4 komponen yaitu tersebut terdiri dari rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2002/2003. Jumlah anak didik yang diambil sebagai subyek penelitian adalah satu kelas berjumlah 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan pemerolehan konsep dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


pendekatan keterampilan proses, pemerolehan konsep, pembelajaran IPA.




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats