MODEL PENILAIAN HOLISTIK DALAM PEMBELAJARAN MENGARANG BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Tatat Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menyusun model penilaian dalam pembelajaran mengarang bahasa Indonesia di SD kelas kelas VI dengan pendekatan research and development (R&D), yaitu penelitian yang menggunakan sebuah proses untuk mengembangkan validitas produk pendidikan. Subyek penelitian adalah 103 siswa dari 4 SD di kota Bandung. Prosedur penelitian meliputi studi awal (studi literatur, studi hasil penelitian sebelumnya, dan studi lapangan); perancangan model (tujuan, penyusunan rancangan model, penyusunan rancangan uji lapangan); uji coba model (tujuan, perencanaan implementasi, evaluasi, revisi); dan validasi model melalui diskusi dengan guru-guru dari tempat penelitian dan mahasiswa Program S1 PGSD yang mengambil konsentrasi Bahasa Indonesia SD. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga jenis penilaian holistik yang dapat dipergunakan untuk menilai tiga jenis karangan (eksposisi, narasi dan argumentasi) sesuai dengan tujuan pembelajaran, yaitu (1) model penilaian holistik White, (2) model penilaian holistik berfokus (skema komunikatif), dan (3) penilaian holistik yang disesuaikan (diadaptasi dari White).




Creative Commons License
Jurnal Sekolah Dasar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats