PEMBIASAAN PERILAKU MORAL UNTUK ANAK USIA DINI PADA PROGRAM BINA KELUARGA BALITA (BKB) DI KELOMPOK BKB MELATI KECAMATAN WLINGI KABUPATEN BLITAR

Rizky Putri, Kentar Budhojo

Abstract


Abstract : The statement problem of this research; what is thecounseling processwith accustoming moral behavior for pre-school children in BKB program at BKB Melati. What is the effect on accustoming moral behavior for pre-school after counseling process in BKB group at BKB Blitar. This study used qualitative and descriptive approach that focus case study. The subjects of this study are pree-school children who joined with their parents in counseling process ingroup BKB Melati. The data was collected by using observation techniques, interviews and documentation. Data analysis usedmodel of Miles & Huberman where there are three main components that should be understood that the data reduction, presentation of data and drawing conclusions and verification. Checking the validity of the by data using Triangulation data. The result can be seen from the behavior of children who implement good moral behavior. Children are able to behave according to moral values such as religious values, the value of good manners, self-control value, the value of responsibility, independence and the value of kindness.Parents as first and main educators have a great deal on that good moral behavior for pre-schools. 
Abstrak: Cara mengatasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penyuluhan dengan materi pembiasaan perilaku moral untuk anak usia dini pada program BKB di Kelompok BKB Melati dan bagaimana perilaku moral anak usia dini setelah diberikanpenyuluhan tentang perilaku moral di Kelompok BKB Melati di Kota BLitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deksriptif dengan jenis penelitiannya adlaah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini yang mengikuti orang tuanya penyuluhan di Kelompok BKB Melati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dimana peneliti melakukan proses pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan mengambil kesimpulan. Untuk mengecek validitas data menggunakan triangulasi . Berdasarkan hasil penyuluhan yang telah dilakukan, dapat terlihat perilaku anak telah menunjukkan perilaku moral yang baik. Anak-anak terlihat lebih mudah melakukan nilai moral seperti nilai-nilai agama, nilai berperilaku yang baik, nilai kontrol diri, nilai tanggungjawab, kemandirian dan nilai kebaikan. Orangtua sebagai pendidik pertama dan utama merupakan pihak yang berandil bear dalam perilaku anak yang baik tersebut. 

Keywords


Accustoming moral behavior, Pree-school children, Family development a toddler