Integrasi Lesson Study dalam Kegiatan Praktik Lapangan Mahasiswa Program Studi IPS untuk Memperbaiki Kualitas Pembelajaran dan Keberlangsungan Lesson Study

Siti Malikhah Towaf

Abstract


Kegiatan Pengalaman Lapangan/KPL adalah mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa, dengan dua kegiatan utama. Pertama, mahasiswa diharapkan menghasilkan silabus, perangkat pembelajaran, media pembelajaran dan bahan-bahan pendukung untuk Peer Teaching. Kedua, mahasiswa ditugasi melaksanakan classroom Teaching di sekolah. Lesson Study (LS) telah diadopsi di Universitas Negeri Malang (UM) cukup lama. Setelah dirasakan manfaatnya; UPT KPL mengintegrasikan LS dalam proses bimbingan KPL. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: bagaimana LS diintegrasikan dalam KPL UM, bagaimana pelaksanaan LS dalam KPL mahasiswa IPS, apa hasil/manfaat pelaksanaan LS dalam KPL mahasiswa IPS, dan faktor penghambat/pendukung penggunaan LS dalam KPL mahasiswa PIPS. Digunakan pendekatan kualitatif; peneliti menjadi instrumen utama dengan teknik pengumpulan data: kajian dokumen, observasi, wawancara, angket terbuka, dan diskusi fokus group. Ternyata LS telah memperkuat proses KPL mahasiswa PIPS dan membangun kompetensi mahasiswa PIPS. Guru dan mahasiswa PIPS memahami pentingnya membangun kompetensi secara berkelanjutan; hal tersebut dilakukan dengan proses Lesson Study.


Keywords


integrasi, lesson study, KPL, IPS, pembelajaran, sustainable.