Pelaksanaan Pembelajaran Karakter di SD Taman Harapan Malang

Rakyan Paranimmita S. K., Sa’dun Akbar, Fattah Hanurawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran karakter melalui pendekatan menyeluruh. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Metode validasi yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dilakukan melalui (1) pembelajaran dengan menggunakan RPP berkarakter, menggunakan model cooperative learning, dan menggunakan media cerita dalam pembelajaran; (2) budaya (kultur) sekolah dengan kegiatan keteladanan, pengondisian, dan pembiasaan; (3) kegiatan ekstra kurikuler yaitu bahasa Mandarin, bahasa Inggris, komputer, pramuka, bina vokalia, bina musika, drumband, seni lukis, tari, dan karate; (4) peran serta masyarakat yaitu masyarakat dan orang tua terlibat dalam program sekolah, program kelas, dan kegiatan pembelajaran; dan (5) karakter yang dapat berhasil dikembangkan adalah sikap religius, toleransi, demokratis, rasa ingin tahu, kerja keras, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, disiplin, jujur dan mandiri, cinta tanah air dan semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, kreatif, dan tanggung jawab.

Keywords


pembelajaran karakter, sekolah dasar, budaya sekolah

Full Text:

Full Text