Keefektifan Model Pembelajaran Tata Bahasa dan Keterampilan Berbahasa Secara Terpadu dengan Pendekatan Focus on Form

Sumarwati Sumarwati

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penguasaan tata bahasa Indonesia siswa dan (2) keefektifan pembelajaran keterampilan berbahasa dengan pendekatan focus on form (FOF) dalam meningkatkan penguasaan tata bahasa Indonesia para siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Data diperoleh melalui teknik tes, observasi, angket, dan wawancara.Yang menjadi Partisipan penelitian ini adalah guru dan siswa sekolah menengah pertama di Surakarta dan Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan tata bahasa pada kelompok eksperimen meningkat 6,50, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 1,82. Penguasaan kelompok eksperimen meningkat dari tingkatan kurang menjadi cukup tinggi, tetapi kelompok kontrol tetap berada di tingkatan kurang. Berkaitan dengan pelaksanaan eksperimen, kualitan proses pembelajaran dengan model FOF dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru dan siswa.

Keywords


pendekatan focus on form, focus on meaning, penguasaan kaidah bahasa

Full Text:

Full Text