Supervisi Pengajaran Berwawasan Spiritual

Natsir B. Kotten

Abstract


Supervisi pengajaran berwawasan spiritual adalah supervisi oleh super-visor yang memiliki perilaku membangun karakter berdasarkan kemampuannya mengelola kecerdasan spiritualnya dengan berlandaskan pada nilai-nilai religius, dan etika sosial keagamaan. Atau dengan perkataan lain, pemberian bantuan yang bercorak pelayanan dan bimbingan profesional kepada guru untuk memperbaiki kondisi pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran dan menumbuhkan sikap profesionalitas guru. Peran wawasan spiritual menuntut sikap supervisor yang humanis dalam mengelola kecerdasan spiritualnya dengan berlandaskan pada keluhuran nurani (kecerdasan jiwa).

Spirituality-based Instructional is the supervision by a supervisor that posseses character-developing behavior based on his/her ability to manage his/her spiritual based on religious values and social athics. In other word, the word, the giving of aids in the form of professional guidance to the teacher to improve teaching and learning condition, to increase education qualitiy and to develop professional attitude of the teachers. Spiritual supervison reguires the supervisor to be humanists, in the management oh the spiritual intelligenge based on geniun attitude and conscience.


Keywords


supervisi pengajaran, wawasan spiritual, sekolah dasar

Full Text:

FULL TEXT