Pembelajaran Fisika Modern Berorientasi Kemampuan Berpikir Generik bagi Calon Guru

Hartono

Abstract


Penelitian yang berjudul Pembelajaran Fisika Modern Berorientasi Kemampuan Berpikir Generik bagi Calon Guru ini mengembangkan program pembelajaran teori relativitas khusus dan gejala kuantum agar lebih bermakna bagi calon guru. Fokus dalam program pembelajaran ini adalah pengembangan kemampuan berpikir generik dan penguasaan materi. Ada lima kemampuan berpikir generik yang dikembangkan, yaitu: kemampuan dalam sense of scale, berbahasa simbolik, melakukan inferensi logika, memahami hubungan sebab akibat, dan membuat pemodelan matematik. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-postest design, dengan subjek penelitian mahasiswa calon guru fisika yang sedang mengambil mata kuliah fisika modern pada sebuah LPTK. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada lima kemampuan berpikir generik pada kelompok mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi dan sedang, serta empat kemampuan berpikir generik pada kelompok mahasiswa yang memiliki IPK rendah. Satu-satunya kemampuan generik yang tidak meningkat secara signifikan adalah kemampuan membuat pemodelan matematik. Terjadi peningkatan yang signifikan penguasaan materi fisika modern pada semua kelompok mahasiswa. Disarankan terjadi perluasan implementasi pembelajaran fisika yang berorientasi kepada pengembangan kemampuan generik, termasuk cakupan ragam kemampuannya.

In this study, a learning program on Special Relativity and Quantum phenomena for a teacher candidate is meaningfully developed. The focus of this learning program is to gain in generic thinking skill and course content. There are five generic thinking skills to be developed: sense of scale, symbolic language, inference, causalities relation, and mathematics modelling. One group pretest-postest design was used in this study, the respondent were candidate teacher student who took modern physics course in teaching institution. The result showed a significant improvement in five generic thinking skills for the student, who has a high or middle cumulative achievement index, but for student who has low cumulative achievement index there was no significant improvement. The only generic thinking skill that no significant change was in mathematical modelling.. There was a significant improvement in all groups of the students in mastering modern physics. It worth to suggest to broaden the implementation of physics learning oriented in developing generic competences in its all aspects.


Keywords


kemampuan berpikir generik, fisika modern

Full Text:

FULL TEXT