Perilaku Komunikasi Nonverbal Guru Dalam Kelas Pembelajaran: Maknanya Bagi Siswa SMA

Nurmida Catherine Sitompul

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah: (1) menggambarkan jenis-jenis perilaku NVC yang biasanya ditunjukkan oleh guru di kelas yang menarik siswa perhatian, (2) siswa meng-gambarkan menanggapi perilaku guru NVC, dan 3) memahami makna guru NVC perilaku. Penelitian ini didasarkan pada studi etnografi. Temuan importants ini penelitian adalah: 1) Guru menerapkan jenis severals perilaku NVC, namun siswa lebih menarik untuk ekspresi wajah guru dan kontak mata, 2) tersenyum manis Guru berarti guru menikmati dalam mengajar. Ini akan membuat siswa senang dan akan mendorong siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Jika ekspresi guru tanpa senyum, kemudian membuat siswa merasa seperti takut, stres, tidak nyaman, malas, marah dan tidak tertarik dengan proses belajar. Siswa menarik dengan ekspresi wajah guru ketika ia / dia masuk kelas dan kemudian mereka akan menarik ini dalam pikiran mereka untuk memprediksi situasi berikutnya dalam proses belajar. 3) senyum Guru menun-jukkan guru yang mengajar di menyenangkan dan perasaan positif kepada siswa untuk belajar. Tidak ada ekspresi senyum dari guru menciptakan perasaan negatif dalam pikiran siswa. NVC perilaku guru dapat mempromosikan suasana memberdayakan bagi siswa untuk belajar.

 

The purpose of this studies are: (1) describing the kinds of NVC behavior that usually showed by a teacher in classroom that attract students attention, (2) describing students respond in teacher NVC behavior, and 3) understanding the meaning of teacher’s NVC behavior. The research is based on ethnography studies. The  importants  findings of this studies  are: 1) Teacher implement severals kinds of NVC behavior, however students are more attract to teacher’s face expression and eyes contact; 2) Teacher’s nice smile means teacher enjoy in teaching.  This will make students happy and will drive students to get involved in learning acti-vities. If teacher expression is without smile, then makes students feel such as frighten, stress, uncomfortable, laziness, angry and do not interested with the learning process. Students attract with teacher face expression when he/she enter the class and then they will draw this in their mind to predict the next situation in the learning process. 3) Teacher’s smile indicates that teacher teaches in enjoyable and promote a positive feeling to students to learning. No smile expression of teacher creates a negative feeling in students mind.   Teacher‘s NVC behavior can promote an empowering atmosphere for students to learn


Keywords


nonverbal communication behavior, teacher eye contact, facial expressions a teacher, the learning atmosphere that empowers

Full Text:

FULL TEXT