Latihan Menganalisis Kasus Olahraga Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biokimia Mahasiswa Ilmu Keolahragaan

. Erman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep biokimia mahasiswa ilmu keolahragaan melalui model siklus latihan menganalisis kasus olahraga. Seratus tujuh orang mahasiswa yang sedang mempelajari matakuliah biokimia olahraga dipilih menjadi sampel secara acak bertingkat. Dengan menggunakan desain kuasi eksperimen: pretest-posttest control group, mahasiswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk membandingkan skor gain kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menguasai konsep-konsep biokimia mahasiswa kelompok eksperimen lebih baik daripada mahasiswa kelompok kontrol. Latihan menganalisis kasus olahraga lebih efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa daripada model konvensional.  

 

This study aims to enhance the biochemical concepts mastering of  sport science students through cycles model of sport cases analysis training. One hundred and seven students whom were studying of sport biochemistry were selected as sample by using stratified random sampling. Then, they were divided into two groups, in term of experimental and control groups respectively. Data that have been collected analyzed by using t test in comparing the gain-scored of both groups. The result showed that students’ ability of mastering biochemical concepts from experimental group was better than other. It was found that sport cases analysis training more effective than conventional model to enhance students achievement.


Keywords


exercise to analyze the case of sport, the mastery of the concept of biochemistry, sports science student

Full Text:

FULL TEXT