Pesan Moral dan Nilai Budaya Banten Dalam Cerpen Anak Pada Surat Kabar Pikiran Rakyat Dan Kompas Sebagai Pengembangan Sarana Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di Kelas VII SMPN 6 Kota Tangerang

Suprani Suprani

Abstract


Abstract:  Morality Massages of Banten Culture Value in Children Short Story on Pikiran Rakyat and Kompas Newspaper as Effort Choosing Material Teaching of Literature at Class VII SMP. Literature teaching at Junior High School (SMP) basically for giving appreciation activity and literature experience. From that activity, student are hoped have sensitive feeling to literature work, until they are motivated and interested in reading. One of the effort for increasing literature learning quality at school can be done by serving good literature work to student in learning. There are many good children readings learning material in our environment, such as book or mass media (newspaper, magazine, and tabloid). we have to perceive that works. How do we perceive? Of course by reading, analyzing, and appreciating. From that case, the writer want to analyzing children short story in Pikiran Rakyat and Kompas newspaper as effort choosing teaching material of literature appreciation. The questions of these research are: 1) What is the moral massages in children short story from Pikiran Rakyat Minggu and Kompas Minggu newspaper? 2) Are there the value of Islamic Banten culture from Pikiran Rakyat Minggu and Kompas Minggu newspaper? 3) Are children short story form Pikiran Rakyat Minggu and Kompas Minggu newspaper suitable and reasonable as a good literature work and can be a learning material of literature appreciation for students class VII Junior High School (SMP)? The research method and technique that used in this study is descriptive method, the data is explained in words, table, or picture. It is not numeral. The technique is used books survey. It is searching many theory books that connecting with research problem. The conclusion that children short story in Pikiran rakyat Minggu and Kompas Minggu newspaper, there are morality and the value of Islamic Banten Culture.

Key words: children short story, morality massages, culture value, and teaching material.

Abstrak: Pesan-pesan dan Nilai Budaya Banten dalam Cerpen Anak di Surat Kabar Pikiran Rakyat dan Kompas sebagai Pengembangan Sarana Pembelajaran Bahasa Dan Sastra di Kelas VII SMPN 6 Kota Tangerang. Pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama (SMP) pada dasarnya bertujuan memberikan kegiatan apresiasi dan pengalaman bersastra. Dari kegiatan tersebut diharapkan siswa memiliki rasa peka terhadap karya sastra sehingga merasa terdorong dan tertarik untuk membacanya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sastra di sekolah dapat dilakukan dengan cara menyuguhkan karya sastra bermutu kepada siswa dalam pembelajaran. Bacaan anak yang bermutu dan layak untuk dijadikan bahan pembelajaran banyak bertebaran di sekitar kita, baik yang berupa buku, ataupun yang tercecer di media massa (surat kabar, majalah, dan tabloid). Berangkat dari hal tersebut penulis ingin menganalisis cerpen anak di surat kabar Pikiran Rakyat dan Kompas sebagai upaya memilih bahan pembelajaran apresiasi sastra. Pertanyaan dalam penelitian ini ialah (1) Pesan-pesan moral apakah yang terdapat dalam cerpen-cerpen anak yang dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat Minggu dan Kompas Minggu? (2) Adakah nilai budaya Banten yang religius Islami terdapat dalam cerpen-cerpen anak yang dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat Minggu dan Kompas Minggu? (3) Bagaimana struktur sosial dalam cerpen anak yang dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat dan Kompas? (4) Apakah cerpen-cerpen anak yang dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat Minggu dan Kompas Minggu sesuai dan memenuhi tuntutan sebagai karya sastra yang baik dan layak dijadikan bahan pembelajaran apresiasi sastra bagi siswa kelas VII SMP? Metode dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu data diuraikan dalam bentuk kata-kata, tabel, atau gambar; bukan dalam bentuk angka-angka. Kesimpulan bahwa cerpen-cerpen anak di surat kabar Pikiran Rakyat dan Kompas, di dalamnya terdapat pesan-pesan moral kemanusiaan dan nilai-nilai budaya Banten yang religius Islami.

Kata kunci : Cerpen anak, nilai budaya, bahan pembelajaran

Keywords


Cerpen anak, nilai budaya, bahan pembelajaran

Full Text:

Full Text