Pengaruh Persepsi Kegiatan Pembelajaran Ekonomi Terhadap Pembentukan Sikap Homo Economicus Bermoral pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Surabaya

Jun Surjanti, Laili Maslachah

Abstract


Abstracts : Surabaya is a big city that might affect homo economicus attitude of the students. The role of Economics teacher, as behavior filter through homo economicus attitude formation, becomes first priority in Economics instruction. In Economics teaching and learning, teacher still emphasizes cognitive (intellectual) aspect, not affective (attitude) aspect, referring to graduate competence standard (SKL) that students are only required in cognitive achievement. This research will analyze students' perceptions on instructional activities conducted by the teacher to moral homo economicus attitude formation. The research is done in SMAN 2 Surabaya which is one of the schools in center of Surabaya city. Population in this study is 85 students from social classes, and the sample is 70 students of IPS-1 and IPS-2. This research applies technique of linear regression analysis. Based on the data collected, the finding shows that teaching learning activities done by the teacher significantly affect moral homo economicus attitude formation. However, the formation percentage in the criteria is very small i.e. 16.5%. Meanwhile, 83.5% of moral homo economicus attitude formation is still affected by other factors.

Key words: Attitude, Economics Instruction, Homo Economicus, Moral

Abstrak : Surabaya sebagai kota besar dimungkinkan turut mempengaruhi perilaku homoeconomicus pada siswa. Peran guru ekonomi sebagai filter perilaku melalui pembentukan sikap homoeconomicus menjadi prioritas utama dalam pembelajaran ekonomi. Dalam pembelajaran ekonomi, guru masih menekankan aspek kognitif (intelektual), bukan pada aspek afektif (sikap), mengingat bahwa dalam SKL (Standar Kompetensi Lulusan) siswa hanya dituntut pada pencapaian kognitif. Penelitian ini akan menganalisis tentang persepsi siswa tentang aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru terhadap terbentuknya  perilaku pembentukan homoeconomicus moral. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Surabaya, sebagai salah satu sekolah yang berada di pusat kota Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPS sejumlah 85 orang, dengan sampel yang ditentukan sebanyak 70 siswa IPS-1 dan IPS-2. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier. Berdasarkan data yang diperoleh ditemukan hasil yang menunjukkan bahwa  kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru secara signifikan mempengaruhi pembentukan sikap homoeconomicus yang bermoral, meskipun persentase pembentukannya pada kriteria yang sangat kecil, yaitu 16,5%. Sedangkan 83,5% pembentukan sikap homoeconomicus yang bermoral dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Kata Kunci: Sikap, Pembelajaran ekonomi, homo economicus, bermoral

Keywords


Sikap, Pembelajaran ekonomi, homo economicus, bermoral

Full Text:

Full Text