Faktor-Faktor Demografi Guru dalam Kaitannya dengan Prestasi Belajar Siswa di SMK

Arik Suraini

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor demografi guru dalam hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Mengacu pada tujuan tersebut, maka penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) faktor-faktor demografi guru (tingkat pendidikan, pengalaman mengajar guru dan lama kerja guru) memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa, 2) tingkat pendidikan guru SMA Negeri 3 Kota Probolinggo sangat baik, karena mayoritas rata-rata guru menyelesaikan pendidikan S1 dimana hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan guru dengan prestasi belajar siswa; 3) pengalaman mengajar guru SMA Negeri 3 Kota Probolinggo sangat baik karena sebagian besar guru aktif pada kegiatan MGMP dimana hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengalaman mengajar guru dengan prestasi belajar siswa; dan 4) lama kerja guru SMA Negeri 3 Kota Probolinggo sangat baik karena sebagian besar guru telah bekerja lebih dari 10 tahun dimana hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara lama kerja guru dengan prestasi belajar.