Implikasi Model Pembelajaran Perubahan Konseptual untuk Meningkatkan Pemahaman dan Mengatasi Miskonsepsi dalam Pembelajaran Kimia di SMA

I Nyoman Sudyana

Abstract


Pelajaran kimia merupakan bagian dari pelajaran IPA. Banyak hasil penelitian menyatakan bahwa pelajaran kimia sangat sulit dipahami dan banyak ditemukan kesalahan konsep pada diri siswa. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa ini sebagian besar disebabkan oleh kesalahan teknis dan kesalahan substansial.Model Pembelajaran perubahan konseptual dibangun berdasarkan interaksi antara karakteristik siswa dan pesan pembelajaran. Berdasarkan karakteristik siswa dan pesan pembelajaran akan memicu keterlibatan siswa terhadap proses pembelajaran.Strategi pembelajaran perubahan konseptual sangat baik diterapkan dalam pembelajaran kimia, karena model pembelajaran ini akan dapat membantu siswa untuk mencapai pemahaman ilmiah yang optimal dan mengatasi miskonsepsinya.

Keywords


miskonsepsi; peningkatan pemahaman; model pembelajaran perubahaan konseptual