Upaya Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Elektrokimia Siswa Kelas 3 IPA SMAI Almaarif Singosari dengan Learning Cycle 5 Fase (LC-5E) Berbantuan Bahan Ajar Terpadu Berbasis Pendekatan Makroskopis-mikroskopis

Herunata Herunata, Laurent Octaviana, Oktavia Sulistina

Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki keefektifan pembelajaran elektrokimia dengan LC-5E berbantuan bahan ajar berbasis pendekatan makroskopis-mikroskopis telah dilakukan dengan rancangan penelitian eksperimen dan deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 IPA SMAI Almaarif Singosari. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan angket. Hasilnya terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang mengalami pembelajaran LC-5E berbantuan bahan ajar terpadu berbasis pendekatan makroskopis-mikroskopis dan LC-5E saja. Kelompok eksperimen mempunyai tingkat pemahaman, sikap, dan keaktifan yang lebih baik daripada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa LC-5E berbantuan bahan ajar terpadu memberikan pengaruh yang positif.

Keywords


pemahaman konsep; elektrokimia; learning cycle; bahan ajar; makroskopis-mikroskopis