Pengembangan Paket Bimbingan Peningkatan Kecerdasan Emosional

M. Ramli, Sutoyo Imam Utoyo, Moh. Irtadji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket bimbingan dan panduan pelaksanaannya dalam peningkatan kecerdasan emosional siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jawa Timur yang berterima baik secara teoretis maupun praktis. Subjek uji produk adalah ahli bimbingan dan konseling, ahli psikologi pendidikan, dan ahli teknologi pendidikan. Subjek sasaran adalah guru pembimbing dan siswa SMP di Jawa Timur. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan inventori. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Disimpulkan bahwa paket bimbingan dan panduan pelaksanaannya dalam peningkatkan kecerdasan emosional siswa SMP yang dikembangkan berterima baik secara teoretis maupun praktis.

Keywords


paket bimbingan; kecerdasan emosional; Siswa SMP