Model Pembelajaran Praktikum Akuntansi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa

Kartika Hendra Titisari, Anita Wijayanti

Abstract


Pengembangan bahan ajar Praktikum Akuntansi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model paket pembelajaran praktikum akuntansi sebagai strategi meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi keuangan dan akuntansi pajak untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini akan menjawab permasalahan bagaimana model pembelajaran dan model paket pembelajaran praktikum akuntansi yang sesuai di program studi akuntansi. Pengembangan model pembelajaran ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan mengikuti Model Pengembangan Instruksional (MPI). Hasil penelitian berupa konsep model pembelajaran dan paket pembelajaran praktikum akuntansi. Pengujian model melalui Penelitian Tindakan Kelas pada mahasiswa prodi akuntansi UNIBA, menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar mahasiswa.

 


Keywords


praktikum akuntansi, model pembelajaran

Full Text:

Full Text