Pengaruh Penggunaan Media TIK terhadap Retensi Memori Biologi Siswa Kelas XII SMA

Robin Ginting, Fauziyah Harahap, Binari Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan animasi dan video pada retensi memori biologi kelas XII siswa dari SMA 6 Medan. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian quasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol posttest dan pretest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMAN 6 program IPA sebanyak 3 kelas. Instrumen penelitian menggunakan tes prestasi yang terdiri dari 35 pertanyaan pilihan ganda terdiri dari C1 kognitif - C6 yang telah diuji untuk keandalan dan validitasnya. Memori siswa hasil tes retensi diperoleh dari penelitian setelah 21 hari dari materi lengkap diajarkan. Hipotesis retensi memori siswa dianalisis whith metode anakova oleh windows. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang sangat signifikan pada media TIK pada retensi memori media TIK SMAN 6 mahasiswa di topik bioteknologi (F = 23,683, P = 0,000). Hasil uji Tukey menunjukkan memori retensi biologi siswa SMA 6 Medan, yang dilakukan melalui dengan menggunakan media video yang lebih tinggi daripada dianggap oleh animasi dan Charta (P = 0,000 <0,001).


Keywords


animasi, video, hasil belajar, retensi, bioteknologi

Full Text:

Full Text