Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP

Yono Edy Kristanto, Herawati Susilo

Abstract


Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Turen. Penentuan sampel dengan teknik sampling acak. Instrumen pengukuran divalidasi oleh ahli, dilanjutkan dengan uji coba ke siswa. Koefisien reliabilitas tes hasil belajar kognitif 0,752, dan tes kemampuan berpikir kritis 0,774. Uji hipotesis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (65,96) berbeda nyata sengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional (58,23), dan hasil belajar sains kelas eksperimen 50,8 berbeda nyata dengan kelas kontrol (39,5).


Keywords


inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar sains.

Full Text:

Full Text