URGENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk memberi gambaran peran Pengembangan bahan ajar Geografi. Salah satu permasalahan pembelajaran geografi dewasa ini adalah ketika materi cenderung hafalan tanpa menyadari fakta kearifan local yang bisa menjadi materi yang penting dipahami peserta didik. Implementasi Kurikulum 2013 mengisyaratkan pembelajaran yang mengangkat kearifan lokal sebagai materi yang perlu dikembangkan khususnya pada pembelajaran Geografi.Terdapat beberapa langkah belajar yang bisa
diterapkan dalam pembelajaran Geografi, langkah belajar tersebut diharapkan dapat
merangsang peserta didik dalam melatih kepekaan mengidentifikasi lingkungan dan
kewilayahan dimana peserta didik tinggal. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan identifikasi masalah, sejumlah langkah kerja sehingga materi ajar dapat menjadi
jawaban permasalahan di sekitar peserta didik.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/pg.v20i1.5006
Jurnal Pendidkan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats