URGENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Ardyanto Tanjung, Muhammad Fahmi

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk memberi gambaran peran Pengembangan bahan ajar Geografi. Salah satu permasalahan pembelajaran geografi dewasa ini adalah ketika materi cenderung hafalan tanpa menyadari fakta kearifan local yang bisa menjadi materi yang penting dipahami peserta didik. Implementasi Kurikulum 2013 mengisyaratkan pembelajaran yang mengangkat kearifan lokal sebagai materi yang perlu dikembangkan khususnya pada pembelajaran Geografi.Terdapat beberapa langkah belajar yang bisa
diterapkan dalam pembelajaran Geografi, langkah belajar tersebut diharapkan dapat
merangsang peserta didik dalam melatih kepekaan mengidentifikasi lingkungan dan
kewilayahan dimana peserta didik tinggal. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan identifikasi masalah,  sejumlah langkah kerja sehingga materi ajar dapat menjadi
jawaban permasalahan  di sekitar peserta didik.

Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Geografi, kearifan local, kurikulum 2013

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pg.v20i1.5006

Flag Counter

 

 

 

 

 


Creative Commons Licenseshopify site analytics

Jurnal Pendidkan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseView My Stats