PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN VARIASI GERAK DASAR ATLETIK DENGAN METODE BERMAIN

Lukman Khakim, - Mu’arifin, I Nengah Sudjana

Abstract


Abstract: Student Activity Improved Primary Class V Variation in Basic Motion Learning Method of Athletics Play. Athletics is one of the materials dakam pembelajran physical education in schools, both elementary schools, junior high schools and high schools. Researchers at the start of the meeting teach basic athletic motion variation in the District 04 Elementary School Dawuhansengon Purwodadi Pasuruan. The purpose of this study was to determine the increase in activity of students in learning basic athletic motion variations to the method of playing the fifth grade students of SDN 04 Dawuhansengon Purwodadi Pasuruan District of Malang 04. The method used in this research is a class act through two cycles. Subjects were physical education teachers and researchers themselves. The number of students in the class of 20 students. Application of the method of learning to play on basic athletic motion variation can make learning becomes fun and increase student activity.


Abstrak: Atletik adalah salah satu materi dakam pembelajran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah, baik itu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Peneliti pada awal pertemuan mengajarkan variasi gerak dasar atletik di SDN Dawuhansengon 04 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran variasi gerak dasar atletik dengan metode bermain pada siswa kelas V SDN Dawuhansengon 04 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan 04 Kota Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui dua siklus. Subyek penelitian adalah guru pendidikan jasmani dan peneliti sendiri. Jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sebanyak 20 siswa. Penerapan metode bermain pada pembelajaran variasi gerak dasar atletik dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa.

Kata kunci: pembelajaran bilingual, pendidikan anak usia dini.

 

DAFTAR RUJUKAN

BSNP. 2006. Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Lutan, R. 2000. Olahraga dan Etika Fair Play. Jakarta: CV Berdua Satu Tujuan Wahani Group. Mu’arifin. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press). Sardiman, AM.2007. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. Setyosari, Punaji. 2008. Rancangan Pembelajaran Teori dan Praktek. Malang: Elang Mas. Wardhani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka. Winataputra, U. S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4127