MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE PAKEM SISWA SMA KELAS X

Alex Juwanda Pratama, - Mardianto, Eko Hariyanto

Abstract


Abstract:Improving Learning Styles Squat Jump Away with Pakem Method Class X-6 SMA 1 Paiton.Competencies to be achieved by students in the subjects of Physical Education Sport and Health was able to practice the skills of athletics (long jump squat style). The fact is 64% of students have not been able to master the skills of the long jump squat style. The purpose of the research is to improve the learning style long jump squat with AJEL. The method of research is action research using AJEL. Subject of research is the X-6 grade students of SMA Negeri 1 Paiton. The results of the study that the skills, attitudes, and knowledge of students, as well as the performance of teachers and the academic atmosphere of each cycle increases. Conclusions of research is to improve learning AJEL long jump squat style student subjects.

Abstrak: Kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan adalah dapat mempraktikkan keterampilan atletik (lompat jauh gaya jongkok). Faktanya adalah 64% siswa belum dapat menguasai ketrampilan lompat jauh gaya jongkok. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan metode PAKEM. Metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode PAKEM. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Paiton. Hasil penelitian bahwa keterampilan, sikap, dan pengetahuan siswa, serta kinerja guru dan suasana akademik tiap siklus meningkat. Kesimpulan penelitian adalah metode PAKEM dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa subyek.

Kata kunci: peningkatan pembelajaran, lompat jauh gaya jongkok, metode pakem.

DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, S, Suhardjono, dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Asmani, J. M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Menciptakan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Yogyakarta: DIVA Press. Syarifudin, 1992. Pokok-Pokok Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Mulyasa, H.E. 2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya. Tim Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4179