PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PERTAHANAN (DEFFENCE) MENGGUNAKAN POLA 2-2 PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL BERUPA VIDEO DI SMP LABORATORIUM

Debby Arieangga Pratama, Eko Hariyanto, I Nengah Sudjana

Abstract


Abstract: Defense Training Development Model (Deffence) Use Patterns In Activities Extracurricular 2-2 Futsal Junior Laboratory In Video Form. The purpose of this research development with the goal of developing a model of exercise persist (deffence) use patterns in Extracurricular 2-2 junior Futsal dil Laboratory Malang, and is expected to increase the passion to train and become a model exercise additional variations persist (deffence) in Extracurricular dil junior Futsal Laboratory Malang. The results of the model last exercise (deffence) was developed through advice and evaluation experts, the experts give overall good feedbacks and after revising the initial product and then the experts agree that the finished product is ready to be tested in the laboratory Extracurricular junior Futsal dil Malang. The results of the analysis of data obtained from a small pilot group was 88.9% the result is valid, while the large group trials was 94.3% the result is valid, thus it can be concluded that the model can be applied in practice Eksrtakurikuler junior futsal Laboratory Malang.

Abstrak: Tujuan dari penelitian pengembangan ini dengan tujuan mengembangkan model latihan bertahan (deffence) menggunakan pola 2-2 di Ekstrakurikuler Futsal dil SMP Laboratorium Malang, dan diharapkan dapat meningkatkan semangat untuk berlatih dan menjadi tambahan variasi model latihan bertahan (deffence) di Ekstrakurikuler Futsal dil SMP Laboratorium Malang. Hasil model latihan bertahan (deffence) ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, secara keseluruhan para ahli memberikan masukan yang baik dan setelah merevisi produk awal maka para ahli setuju dan produk yang sudah jadi siap untuk diuji cobakan di Ekstrakurikuler Futsal dil SMP Laboratorium Malang. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah 88,9% hasilnya valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 94,3% hasilnya adalah valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model latihan tersebut dapat diterapkan di Eksrtakurikuler futsal SMP Laboratorium Malang.

Kata kunci: penelitian pengembangan, pertahanan, futsal

DAFTAR RUJUKAN

Bompa, T. O. 1994. Theory and Methodology of Training, 3rd edition. Ohio: Wm.C. Brown Publisher Borg W. R, & Gall M.D. 1983. Education Research; An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman. Harsono. 1993. Coaching dan Psikologis dalam Coaching. Jakarta. Halim, S. 2009. 1 Hari Pintar Main Futsal. Yogyakarta: Medio Presindo. Lhaksana, Justinus. 2011. Taktik dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be Champion. Murhananto. 2008. Dasar-Dasar Permainan Futsal. Jakarta Selatan: PT Kawan Pustaka. Scheunemann, Timo. 2009. Futsal For Winners. Malang: Dioma. Sport, EO, Diafamata. 2006. Futsal Coaching Clinic Sudjana, Nana. 1990. Penelitian Hasil Proses Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Udiwanto, Setyo. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: UM Press.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4197