PENGEMBANGAN KURIKULUM TEKNIK DASAR BOLAVOLI TINGKAT DASAR DI KLUB BOLAVOLI SURYA KEBON AGUNG KOTA MALANG

Eko Bulan Rochmadhon, Setyo Budiwanto, - Sulistyorini

Abstract


Abstract: Curriculum Development of Basic Techniques at Surya Volleyball Clubs Kebon Agung Kota Malang.This research aims to develop a curriculum basic techniques for school volleyball game volleyball base rate adjusted for the level of skill the ability to play volleyball at the club Kebun Surya Agung Malang. This study uses a portion of the development steps Borg and Gall, namely: 1) analysis of requirements, 2) Collecting the results of field observations and literature review; 3 ) the initial product manufacturing; 4) product trials ; 5) revision of the first product; 6) the second product testing; 7) revision of the second product, and 8 ) akhir.Analisis product data is done at the time the data was collected to describe the findings that exist during the process of data collection took place in the observation that the performance and describe the results of observations on the coaches and athletes volleyball in the form of qualitative data. The results of the assessment or evaluation of the curriculum is as follows: From the overall curriculum experts answer (already loaded) of each component of the curriculum, from the overall volleyball expert answer (is appropriate ) with the steps to play volleyball , small groups of trials are whole answer (already loaded) of each component of the curriculum with suggestions and feedback given and of the overall field test answer (already loaded) for coaches and assistant coaches, (easy to understand ) for volleyball athletes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan kurikulum teknik-teknik dasar permainan bolavoli untuk sekolah bolavoli tingkat dasar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan keterampilan bermain bolavoli di klub Surya Kebon Agung Kota Malang. Penelitian ini menggunakan sebagian dari langkah-langkah pengembangan Borg and Gall, yaitu: 1) Analisis kebutuhan; 2) Pengumpulan hasil observasi lapangan dan kajian pustaka; 3) pembuatan produk awal; 4) uji coba produk; 5) revisi produk pertama; 6) pengujian produk yang kedua; 7) revisi produk kedua; dan 8) produk akhir.Analisis data dilakukan pada waktu data terkumpul dengan mendeskripsikan temuan-temuan yang ada selama proses pengambilan data berlangsung yaitu unjuk kerja dalam observasi lalu mendeskripsikan hasil observasi pada pelatih dan atlit bolavoli dalam bentuk data kualitatif . Hasil penilaian atau evaluasi kurikulum yaitu sebagai berikut: Dari ahli kurikulum secara keseluruhan menjawab (sudah memuat) dari tiap-tiap komponen kurikulum, dari ahli bolavoli secara keseluruhan menjawab (sudah sesuai) dengan langkah-langkah untuk permainan bolavoli, dari uji coba kelompok kecil secara keseluruhan menjawab (sudah memuat) dari tiap-tiap komponen kurikulum dengan saran dan masukan yang diberikan dan dari uji lapangan secara keseluruhan menjawab (sudah memuat) untuk pelatih dan asisten pelatih, (mudah dipahami) untuk atlit bolavoli.

Kata kunci: pengembangan kurikulum, teknik-teknik dasar permainan bolavoli, kurikulum bolavoli, pengembangan kurikulum teknik-teknik dasar permainan bolavoli

DAFTAR RUJUKAN

Ahmadi, N. 2007. Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta: Era Pustaka Utama. Borg, W. R. Dan Gall, M. D. 1983. Education Research and Introduction. New York: Longman. Dwiyogo.W. D. 2001. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang. Wineka media. Kaber, A. 1988. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan. Rajah & Dwiyogo. 1994. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani. Malang: Depdikbud IKIP Malang. Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4200