EVALUASI PELAKSANAAN KTSP DIKJASORKES MENGGUNAKAN COUNTENANCE STAKE DI SD SE-KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

Dinanda Delphin Samara, - Asim, Oni Bagus Januarto

Abstract


Abstract: Evaluation of the KTSP Countenance Stake Models implementation dikjasorkes SD In district District Wuluhan Jember in Academic Year 2012/2013. The purpose of this study to determine (1) The level of implementation of the KTSP in dikjasorkes learning in a primary school Wuluhan Jember District of academic year 2012/2013 in terms of the evaluation model of Countenance Stake antecedents variables, (2) Judging from the model evaluation Countenance Stake Variable Transaction; (3) In terms of the evaluation model of Countenance Stake Outcomes Variables. Data were collected with analysis documentation, instruments, and interviews. Results of this study was the overall variable data antecedents scored 77.22% which means good, the overall percentage of variable data transaction gain of 66.67%, which means pretty, overall outcomes variable data obtain a percentage of 93.75%, which means good.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat penerapan KTSP dalam pembelajaran dikjasorkes di SD se-Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari eva-luasi model Countenance Stake variabel antecedents; (2) Ditinjau dari evaluasi model Countenance Stake Variabel Transaction; (3) Ditinjau dari evaluasi model Countenance Stake Variabel Outcomes. Data dikumpulkan dengan analisis dokumentasi, instrumen, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah keseluruhan data variabel antecedents memperoleh skor 77,22% yang artinya baik, keseluruhan data variabel transaction memperoleh persentase sebesar 66,67% yang artinya cukup, keseluruhan data variabel outcomes memperoleh persentase sebesar 93,75% yang artinya baik.

Kata kunci: kurikulum, pendidikan jasmani, evaluasi, countenance stake.

DAFTAR RUJUKAN

Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran (Cetakan Ketiga). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Hasan, H. 2008. Evaluasi Kurikulum (Cetakan Kedua). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Husdarta, J. S. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani (Cetakan Kedua). Bandung: Alfabeta. Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D (Cetakan Kesebelas). Bandung: Alfabeta. Arikunto, S. & Cepi, A. A.J. 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Cetakan Ketujuh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4201