PENGEMBANGAN MELOMPAT JAUH BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) KELAS VII G DI SMP NEGERI 9 MALANG

Endie Nurwantono, - Asim, - Sulistyorini

Abstract


Abstract: Skills Development Based On Jump Away (Life Skills) In Class VII G SMPN 9 Malang. This study aims to develop a model-based learning leap skills (life skills) class VII G in SMP Negeri 9 Malang through instructional materials in accordance with the character of children of class VII G in SMP Negeri 9 Malang . The result of this development is a jump game based on life skills (life skills) which consists of 5 product specifications and the specifications of each product consists of 3 models of the game . Product specifications long jump skills-based development (life skills), namely: 1 ) jump over the hurdles; 2 ) jump from lower to higher ground; 3 ) jump from a higher place to a lower place; 4 ) low jump - high - low; 5 ) high jump to high. The entire product specifications , all aspects of the instrument and all aspects of instrument specifications meet the expected criteria are criteria of good /used and quite good/used . Entire games were developed aiming to develop a learning model based remote melompot life skills (life skills) class VII are packed in teaching materials appropriate to the character of children of class VII.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran melompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) kelas VII G di SMP Negeri 9 Malang melalui bahan ajar yang sesuai dengan karakter anak kelas VII G di SMP Negeri 9 Malang. Hasil pengembangan ini adalah permainan melompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) yang terdiri dari 5 spesifikasi produk dan pada masing-masing spesifikasi produk terdiri dari 3 model permainan. Spesifikasi produk pengembangan lompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills), yaitu: 1) lompat melewati rintangan; 2) lompat dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi; 3) lompat dari tempat yang lebih tinggi ke tempat rendah; 4) lompat rendah-tinggi-rendah; 5) lompat tinggi ke tinggi. Seluruh spesifikasi produk, seluruh aspek instrumen dan seluruh spesifikasi aspek instrumen memenuhi kriteria yang diharapkan yaitu kriteria baik/digunakan dan cukup baik/digunakan. Seluruh permainan-permainan yang dikembangkan bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran melompot jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) kelas VII yang dikemas dalam bahan ajar yang sesuai dengan karakter anak kelas VII.

Kata kunci: pengembangan, melompat jauh, berbasis, kecakapan hidup (life skills).

DAFTAR RUJUKAN

Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: CV ALFABETA. Asim. 2001. Konsep Gerak Dasar Manusia. Malang: Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Ardhana. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang. Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman. BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2006. Buku Saku: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Mandikdasmen, Depdiknas. Satori, D. 2002. Implementasi Life Skill Dalam Konteks Pendidikan di Sekolah. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 034 (8). Januari 2002. (hal 25-37).



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4202