PEMBELAJARAN RENANG DENGAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KETERAMPILAN MENGAPUNG

Usman Wahyudi

Abstract


Abstract: Swim is an athletics in water by moving legs and hands, floating in water and all peripatetic legs and hands freely and can be in swimming pool, river, and sea. Researcher in the begining do a study process in swimming pool of Catalina Malang. Intention of this research is to know ability float participant of courses swim age 5-7 year with method play at in swimming pool of Catalina Malang. The method used is experiment method and device of research is by using pattern of One-Shot Study. Research Subject is par-ticipant of courses of swimming age 5-7 year amounting to 72 child. Applying of method with approach play at swim can make study process become to please.

 

Key words: Teaching methods, floating skills, swimming practice with playing method.

 

Abstrak: Renang adalah suatu olahraga yang dilakukan di air dengan cara mengge-rakkan anggota badan, mengapung di air dan seluruh anggota badan bergerak dengan bebas dan bisa dilakukan di kolam renang, sungai, dan laut. Peneliti pada mulanya me-lakukan suatu proses pembelajaran di kolam renang Catalina Malang. Tujuan dari pene-litian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengapung peserta kursus renang usia 5-7 tahun dengan metode bermain di perkumpulan renang Catalina Malang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan rancangan penelitiaan adalah dengan menggunakan pola One-Shot Study. Subjek penelitian adalah peserta kursus renang usia 5-7 tahun yang berjumlah 72 anak. Penerapan metode dengan pendekatan bermain pada renang dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

 

Kata kunci: Metode pembelajaran, keterampilan mengapung, latihan renang dengan pendekatan bermain.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v25i1.4906

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.17977/pj.v25i1.4906.g1293