PENERAPAN MODEL PBL, STRATEGI KOOPERATIF STAD TERMODIFIKASI DAN TEKNIK PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN ELEKTROMAGNET
Abstract
Abstract: Electromagnet is one topic in the physics Semarang subjects that requires mathematics concepts. Modified PBL model which incorporated STAD and concept maping were build to help students in understanding the topic. The purpose of this research is to find out the improvement of students' achievement on the topic through the implementation of modified PBL model. The learning mastery has been reached if 65.00% of the concepts achieved. This research used two cycles of a classroom action research. The subject are 56 phisics students in electromagnet course in even semester of 2008/2009 Malang State University. The result of this study showed that at the end of cycle I and II the learning mastery of the student were 71.43 and 89.29% respectively.
Abstrak: Elektromagnet adalah salah satu topik fisika yang membutuhkan konsep matematika. Model PBL termodifikasi yang mengkaitkan STAD dan peta konsep dibangun untuk membantu siswa dalam belajar topik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam topik tersebut melalui penerapan model PBL termodifikasi. Penguasaan pembelajaran telah dicapai jika 65,00% dari materi dikuasai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek adalah 56 siswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang yang menempuh perkuliahan Elektromagnet pada semester genap 2008/2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep mahasiswa pada masing-masing siklus I dan II adalah 71,43 dan 89,29%.
Abstrak: Elektromagnet adalah salah satu topik fisika yang membutuhkan konsep matematika. Model PBL termodifikasi yang mengkaitkan STAD dan peta konsep dibangun untuk membantu siswa dalam belajar topik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam topik tersebut melalui penerapan model PBL termodifikasi. Penguasaan pembelajaran telah dicapai jika 65,00% dari materi dikuasai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek adalah 56 siswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang yang menempuh perkuliahan Elektromagnet pada semester genap 2008/2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep mahasiswa pada masing-masing siklus I dan II adalah 71,43 dan 89,29%.