Validasi Paket Tutorial Termodinamika Berbasis Penyelesaian Eksplisit untuk Mahasiswa Jurusan Fisika

- Hartatiek, Chusnana Insyaf Yogiyanti, - Sirwadji

Abstract


 

Abstract: The study aimed to validate thermodynamics tutorial packet to increase students’ problem solving skills. The packet included preface, summary, examples of problem solving cases. The study used pretest-posttest group design. Number of experiment group was 42 students and control group was 36 students. The t-test of pretest-score showed that no diffe­rences in means. Means of posttest-score of experiment group is 79.60 and control group is 65.90. The t-test of posttest-score shows differences inmeans. The study showed that the tutorial packet could  deve­lop students’ reasoning  for self study and has positive impact in increasing problem sol­ving skills of students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi paket tutorial termodinamika untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa. Paket meliputi uraian singkat, ringkasan dan contoh soal dan penyelesaiannya. Validasi produk menggunakan desain pretes-postes kelompok kontrol. Jumlah ke­­lompok eksperimen sebanyak 42 mahasiswa dan kelompok kontrol sebanyak 36 siswa. Tes t skor pretes menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara kedua kelompok. Rerata skor postes kelompok eksperimen adalah 79,60 dan kelompok kontrol 65,90. T-test  menunjukkan perbedaan yang berarti. Oleh karena itu disimpilkan bahwa paket tutorial dapat mengembangkan penalaran  mahasiswa dalam belajar mandiri  dan ber­dam­pak positif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa.