PEMANFAATAN PHONE CELL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL GI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Ruchimah Achmad

Abstract


Abstract: This study was designed to increase students’ enthusiasm to instruction process using telephone cellular device. The researcher as a teacher efforts to improve students’ achievement. This research used descriptive qualitative method. Result of the study shows that telephone cellular as communication device can be used to improve students’ achievement. Camera of telephone cellular can be used to prepare documentations of biological field observation. Picture taken from observation session can be inserted to power point slide for students’ presentation. Students’ enthusiasm in instruction process increase students’ achievement 21% in cognitive domain, 98% in afective domain, and 13% in psycomotor domain.

Abstrak: Penguasaan kelas dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kurang konsentrasi, terganggu  phone cell yang digunakan untuk berbagai fasilitas. Penelitian ini, memanfaatkan fasilitas phone cell untuk proses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik pada pelajaran yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Peneliti sebagai guru menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan membangun karakter siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa Phone Cell, selain sebagai alat komunikasi juga dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Kamera pada Phone Cell dapat digunakan mendokumentasikan hasil observasi di lapangan. Gambar yang diambil dari observasi dirangkai langsung dalam bentuk power point. Antusiasme siswa dalam proses pembelajaran meningkatkan hasil belajar sebesar, kognitif 21%, afektif 98%, psikomotor 13%.