BUDAYA KEARIFAN LOKAL DALAM TATA KELOLA DAN PENGEMBANGAN LINGKUNGAN KOTA

Rudy Gunawan, Eko Digdoyo, Aryo Subarkah

Abstract


Abstrak. Tulisan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu rekomendasi kepada masyarakat dan pemerintah terkait dengan upaya menangani berbagai masalah bencana yang sering terjadi terutama akibat kesalahan penanganan manusia. Kearifan alam merupakan nilai-nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat. Nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dan menjadi acuan dalam bertingkah laku sehari-hari oleh masyarakat setempat sehingga jika diterapkan dengan baik maka kesadaran untuk menjaga lingkungan akan tinggi. Manajemen kearifan lokal merupakan entitas yang sangat menentukan harkat dan martabat manusia dalam komunitasnya. Kearifan yang di dalamnya berisi unsur kecerdasan, kreativitas, dan pengetahuan lokal dari para elit dan masyarakatnya dapat dimaknai sebagai penentu pembangunan peradaban saat ini.

 

Abstract. This paper aims to contribute a recommendation to the community and the government concerning how to cope the natural disasters which is mainly affected by human error. Natural wisdom is the values prevailing in a society. The values are the guidance for people’ daily activities therefore it is believed that everyone would have the high awareness on environmental preservation if it is applied well. Local wisdom management is an entity which is crucial for human dignity in the community. This wisdom involving the elements of the intelligence, creativity, and local knowledge of the elite and the community could be interpreted as a determinant of the development of civilization at present.


Keywords


Kata-kata kunci: budaya, kearifan lokal, dan pengembangan lingkungan; Keywords: culture, local wisdom, environmental development

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/sb.v8i2.4773



Flag Counter

 

 

 Creative Commons License

 Jurnal Sejarah dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.