Pembelajaran Sejarah Lokal Pada Kelas Sejarah (Model Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Kota Kudus Dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa Pada Sejarah)

Suharso Suharso

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya inovasi bahan ajar sejarah
lokal guna memberikan penyegaran pada pembelajaran sejarah di Kelas.
Penelitian menggunakan dua tahap dengan pendekatan Penelitian dan
Pengembangan (Research and Development). Pada tahap pertama penelitian
terfokus pada analisis data tentang konstruksi sosial dan morfologi Kota Kudus
yang akan dijadikan sebagai dasar penyusunan model. Pada tahap kedua
penelitian terfokus pada uji coba model pengembangan konservasi budaya dalam
upaya melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah di Kota Kudus. Penelitian
pada tahap pertama menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian tahap
kedua menggunakan pendekatan R and D. Model yang telah jadi digunakan
sebagai bahan ajar untuk pembelajaran sejarah di kelas sejarah SMA Negeri se-
kabupaten Kudus. Sejarah Kota Kudus, pada intinya, berpijak pada perkem-
bangan dari kota pada masa Pemerintah Hindia Belanda dan tokoh yang terkenal
adalah Sunan Kudus.

 

This research is motivated by the need for innovation of local history
teaching materials in order to give a fillip to the teaching of history in the
classroom. This study was carried out a two-stage approach to Research and
Development. In the first phase of the study focused on the analysis of data about
the social construction and morphology of the Kudus City that would serve as the
basis for the preparation of a model. In the second phase of the study focused on
the development of testing models of cultural conservation in an effort to preserve
the historical relics in Kudus. Research on the first phase of the study used a
qualitative approach and the second stage using the approach of R and D. The
model has been used as teaching materials for teaching history in some high
schools in Kudus district. History of Kudus, in its substance, based on the devel-
opment of Kudus in the period of Dutch-Indies and the fame figure of Saint Ku-
dus.


Keywords


Pembelajaran Sejarah, Sejarah Lokal, Model Pengembangan; history learning, local history, research and development

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/sb.v11i1.9130

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

 

 

 Creative Commons License

 Jurnal Sejarah dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.