PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR SQUARE DAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TUMPANG

Puger Honggowiyono

Abstract


Guru bidang studi TIK di SMA Negeri 1 Tumpang menerapkan strategi Explicit
Instruction yang belum banyak memberikan perubahan karena masih berpusat pada guru.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajar-an, perlu dicoba berbagai variasi strategi pembelajaran
kelompok yang bersifat student centered dan juga mampu mengatasi permasalahan
kurangnya fasilitas di sekolah, misalnya strategi Think Pair Square. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kognitif, (2) perbedaan hasil
belajar afektif, (3) perbedaan hasil belajar psikomotorik, (4) perbedaan hasil belajar keseluruhan
siswa yang belajar menggunakan strategi Think Pair Square dan Explicit Instruction,
(5) pengaruh penerapan strategi Think Pair Square terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan pendekatan pretest posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA
Negeri 1 Tumpang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Random Sampling dengan kelas
X4 sebagai kelas kontrol dan X2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian yaitu (1)
tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif, (2) terdapat perbedaan hasil belajar afektif, (3)
terdapat perbedaan hasil belajar psikomotorik, dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar
keseluruhan siswa, (5) serta tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi think
pair square terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen namun secara keseluruhan
respon siswa terhadap penerapan strategi ini adalah baik.

Full Text:

PDF