PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MALANG

Rahmania Sri Untari, Wahyu Sakti G.I

Abstract


P emb e l a j a r a n d i SMA Negeri 2 Malang khususnya pada mata pelajaranTIK yaitu bahasan perangkat lunak pembuat grafis masih diterapkan metode konvensionalsehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal. Kebanyakan siswa masih merasatakut jika bertanya kepada gurunya, sehingga dibutuhkan teman atau tutor yangmampu memberikan bimbingan untuk menyelesaikan masalah jika ada yang mengalamikesulitan dan membantu selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team AssistedIndividualization) dan TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan prestasibelajar perangkat lunak pembuat grafis siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang. Pendekat-an penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancanganPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dirancang dalam dua siklus. Masing-masingterdiri dari empat tahap, yaitu: perancangan (planning), pelaksanaan tindakan (action),pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswakelas X-B1 SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 19 siswa. Penerapan pembelajarankooperatif TAI dan TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Diukur denganskor rata-rata yaitu skor awal rata-rata sebelum perlakuan sebesar 75,7, skor rataratasiklus I sebesar 80, dan skor rata- rata siklus II 83,1. Diukur dengan persentaseketuntasan belajar secara klasikal SKM sebelum perlakuan sebesar 36,8%, pada siklusI sebesar 78,9%, dan siklus II sebesar 94,7%. Pembelajaran kooperatif TAI dan TPSdapat diterapkan pada pokok bahasan perangkat lunak pembuat grafis denganmelakukan teams teaching agar waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Full Text:

PDF