IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Ella Lalfakhiroh, Tri Atmadji

Abstract


Permasalahan yang dialami guru TKJ saat mengajar mata pelajaran TKJ di kelas
X TKJ 2 SMKN 2 Malang adalah siswa yang pasif saat ditanya, diberikan permasalahan,
atau diminta untuk mengemukakan pendapat. Guru terbiasa menggunakan metode ceramah
sehingga aktivitas belajar siswa minim. Di sisi lain, pembelajaran yang efektif adalah
pembelajaran yang menyediakan kesempatan siswa untuk melakukan aktivitas belajarnya
sendiri selama proses pembelajaran. Dengan keadaan demikian, perlu adanya upaya
memecahkan permasalahan guru yaitu dengan melakukan penelitian tindakan kelas dengan
menerapkan metode Think Pair Share yang mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa
sehingga siswa bisa menjadi lebih aktif dalam belajar dan hasil belajar siswa bisa
meningkat di mata pelajaran TKJ. Penelitian dirancang dalam tiga siklus dengan tahapan
pada tiap siklus, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan
(observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adala siswa kelas X TKJ 2 SMKN
2 Malang yang berjumlah 44 siswa. Pencapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I ratarata
40,14%, siklus II 74,55%, dan siklus III 81,53%. Penerapan metode TPS juga
meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah
pada siklus I sebesar 70,59%, pada siklus II 65,11%, dan pada siklus III 77,27%.

Full Text:

PDF