PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK PAIR SQUARE DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TKJ

Muhammad Aziz, Puger Honggowiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar TKJ siswakelas X SMK Negeri 3 Malang melalui penerapan model pembelajaran model pembelajaranKooperatif dengan strategi Think Pair Square dengan Learning Cycle.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pola pretes-postes. Variabelpenelitian terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat dimana untuk variabelbebas adalah model pembelajaran, dan untuk variabel terikat adalah hasil belajarsiswa SMK Negeri 3 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMKNegeri 3Malang kelas X TKJ yang berjumlah 114 siswa. Sampel penelitian ditentukandengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini adalah instrumen perlakuan dan instrumen hasil belajar. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapanan modelKooperatif de-ngan strategi Think Pair Square dan model Learning Cycle, dilihat dariperbedaan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan meningkat sebesar 83,8% denganrata-rata setelah diberi perlakuan sebesar 86 pada kelas eksperimen, sedangkan denganpenerapan mo-del Learning Cycle pada kelas kontrol juga terdapat peningkatan sebesar63,3% de-ngan rata-rata 82,5. Hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen jugamenunjukkan perbedaan yang cukup signifikan yaitu dengan nilai Sig(p) 0,000. Kesimpulandari penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapanmodel pembelajaran kooperatif dengan strategi Think Pair Square dan model pembelajaranLearning Cycle dengan materi melakukan instalasi sistem operasi berbasisGraphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI), (2) ada pengaruhyang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Squaredan model pembelajaran Learning Cycle, (3) model pembelajaran kooperatif denganstrategi Think Pair Square memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajarsiswa, dengan penerapan kooperatif dengan strategi Think Pair Square siswa menjadilebih aktif dan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih dalam kegiatan pembelajarandi kelas, sehingga hasil belajar kelas eksperimen X TKJ 1 lebih tinggi dari pada kelaskontrol X TKJ 2.

Full Text:

PDF