PERANCANGAN SISTEM TUTOR CERDAS UNTUK PEMBELAJARAN REMIDIAL BERBASIS WEBSITE

Gilang Kurniaji, Muladi Muladi

Abstract


Proses pembelajaran remidial merupakan proses yang penting. Pembelajaran
remidial memberi bantuan kepada siswa yang belum lulus SKM untuk belajar kembali
materi yang belum dipahami.Namun, pada kenyataannya program remidial seringkali
tidak dilaksanakan karena kendala waktu dan tenaga.Oleh karena itu, perlu dikembangkan
media untuk mengatasi masalah pelaksanaan pembelajaran remidial.Tujuan
pengembangan media ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website
yang memiliki fungsi mensubtitusi peran guru dalam proses pembelajaran remidial.
Fitur utama yang harus dimiliki media untuk dapat mensubtitusi peran guru dalam proses
pembelajaran remidial, antara lain 1) media mampu mendiagnosis kesulitan belajar
yang dialami oleh siswa, 2) Memberikan pengajaran kembali materi yang belum
dikuasai oleh siswa dengan tepat, 3) Menyampaikan materi pembelajaran dengan
metode yang sesuai dengan keinginan siswa secara individu (individual learning),dan4)
Tes evaluasi untuk menentukan tingkat penguasaan kompetensi materi siswa. Agar
mampu memenuhi fitur-fitur utama tersebut, media yang dikembangkan mengadopsi
teknologi tutor cerdas. Teknologi ini mampu untuk mengakomodasi berbagai kemungkinan
input yang diberikan untuk dapat menampilkan output sesuai dengan yang diharapkan.
Hasil dari pengembangan ini adalah media berbasis website yang mengadopsi
sistem tutor cerdas dan diterapkan pada pembelajaran remedial.

Full Text:

PDF