PERBEDAAN PENERAPAN METODE MIND MAPPING DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 SINGOSARI

Ulfa Devayuni Utami, Suwasono Suwasono

Abstract


Berdasarkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan siswa terutama untuk bekerja di bidang tertentu. Guru terlibat dan bertanggung jawab untuk mewujudkan tujuan tersebut. Berdasarkan Hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang pada siswa kelas X menyatakan bahwa guru masih menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru (ceramah), tingkat pemahaman siswa terhadap materi masih kurang, dan siswa belum bisa memahami konsep materi yang sedang dipelajari. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Elektronika Industri di kelas X SMK Negeri 2 Singosari.

Full Text:

PDF