PENGARUH SELF–DISCIPLINE DAN PENGETAHUAN TEORI SECARA LANGSUNG DAN MELALUI HASIL BELAJAR PRAKTIKUM PEMESINAN TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA SMK

Dwi Nurcahyo, Widiyanti Widiyanti, Wahono Wahono

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh self–discipline dan pengetahuan teori pemesinan secara langsung dan melalui hasil belajar praktikum pemesinan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa SMK. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan dengan sampel sebanyak 86 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada berpengaruh langsung self–discipline terhadap hasil belajar praktikum pemesinan tetapi ada pengaruh langsung terhadap kesiapan memasuki dunia kerja; (2) ada berpengaruh langsung pengetahuan teori pemesinan terhadap hasil belajar praktikum pemesinan dan kesiapan memasuki dunia kerja; (3) tidak ada pengaruh tidak langsung self–discipline dan pengetahuan teori pemesinan, melalui hasil belajar praktikum pemesinan, terhadap kesiapan memasuki dunia kerja.

Keywords


self–discipline; teori pemesinan; hasil praktikum; kesiapan kerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v41i1.10782

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats