PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE DRILL DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE FEEDBACK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN WEB

Syaichul Fitrian Akbar, Setiadi Cahyono Putro, Didik Dwi Prasetya

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengungkap perbedaan rerata hasil belajar pem­rog­raman web (ranah pengetahuan dan keterampilan) karena pengaruh penerapan PjBL dan Metode Drill dibandingkan dengan PjBL dan metode Feedback. Penelitian meng­gunakan rancangan quasi experiment dengan post-test only. Subjek penelitian ada­lah sebanyak 68 siswa kelas XI RPL di SMKN 6 Malang. Analisis uji hipotesis meng­gunakan uji-t dengan teknik independent sample t-Tes. Hasil penelitian me­nun­juk­kan bahwa penerapan model PjBL dan metode Drill lebih baik  diterapkan untuk ra­nah keterampilan, sedangkan penerapan model PjBL dan metode Feedback lebih baik diterapkan untuk ranah pengetahuan.

Keywords


project based learning; drill; feedback; hasil belajar; pemrograman web dinamis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v41i1.10786

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats