KONTRIBUSI STATUS INDUSTRI TEMPAT PRAKERIN, LAMA PRAKERIN, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK DI KABUPATEN INDRAMAYU
Abstract
Objective of this research is to identify contribution industrial status, duration of job orientation, and motivation of study to enterpreneurship. The object of this research is student at Mechanical Engineering of SMK in Kabupaten Indramayu. The survey research method is used where research design model used causal correlational. Path analysis are used for data analysis. The results show that (1) industrial status and motivation of study significantly to enterpreneurship; (2) duration of job orientation does not contribute significantly to enterpreneurship; and (3) industrial status duration of job contribute indirectly through motivation of study to enterpreneurship.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kontribusi status industri tempat prakerin, lama prakerin, dan motivasi belajar terhadap sikap kewirausahaan siswa. Objek penelitian adalah siswa SMK Bidang Teknik Mesin SMK di Kabupaten Indramayu. Metode penelitian menggunakan metode survey, dengan model rancangan penelitian causal corelational. Analisis data dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) status industri dan motivasi belajar berkontribusi secara signifikan terhadap sikap kewirausahaan; (2) lama prakerin tidak berkontribusi secara signifikan terhadap sikap kewirausahaan; dan (3) status prakerin dan lama prakerin berkontribusi secara tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap sikap kewirausahaan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v32i2.3098
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)