Keterkaitan Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dan Industri Kontemporer
Abstract
Pendidikan Teknologi dan Industri adalah suatu program pendidikan yang mempelajari tentang konsep-konsep masyarakat industri/teknologi. Sementara pendidikan kejuruan merupakan suatu program yang dilandasi falsafah sosio-ekonomi yang berarti memberi bekal kepada setiap individu untuk memasuki dunia kerja. Hal ini berarti bahwa kedua tipe pendidikan itu saling melengkapi kebutuhan yang diperlukan oleh individu-individu yang ingin memasuki dunia kerja dengan segera. Hubungan yang nampak dari kedua program pendidikan itu ditunjukkan oleh karakteristik masing-masing program, antara lain: (1) Mengidentifikasi minat siswa dan konsep-konsep dunia kerja, (2) Memberi bekal siswa melalui penjelajahan dunua kerja/karir dan pembuatan keputusan yang rasional, dan (3) Menyiapkan individu untuk memahami serta menguasai tentang dunia industri dan teknologi yang berkaitan dengan bahan, peralatan/permesinan, manajemen. metode-metode, proses, dan nilai-nilai ekonomi.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v26i2.384
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)