KESIAPAN GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkap dan mendeskripsikan kesiapan pe-laksanaan Kurikulum 2013 ditinjau dari pemahaman guru, komitmen guru, dan du-kungan sumber belajar pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Malang Raya. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif menggunakan sur-vei. Populasi penelitian seluruh guru di SMK Malang Raya. Sampel ditentukan de-ngan purposive, sebanyak 175 guru. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-siapan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK Malang Raya ditinjau dari: (1) pema-haman guru pada kategori rendah, yaitu sebesar 54,83%; (2) komitmen guru pada ka-tegori cukup, yaitu sebesar 80,29%; dan (3) dukungan sumber belajar pada kategori cukup, yaitu sebesar 82,35%.
Keywords
kurikulum 2013; pemahaman guru; komitmen guru; dukungan sumber belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i1.4594
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)