HUBUNGAN KECAKAPAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN LOGIKA DENGAN KEBERHASILAN DALAM PRAKERIN SISWA SMK

Rovana Molikavia, Setiadi Cahyono Putro, Triyanna Widiyaningtyas

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengungkap signifikansi hubungan antara: (1) kecakapan sosial (X1) dengan keberhasilan prakerin (Y); (2) kemampuan logika (X2) dengan keberhasilan prakerin (Y); dan (3) kecakapan sosial (X1) dan kemampuan logika (X2) dengan keberhasilan prakerin (Y). Penelitian dilakukan pada siswa SMK TKJ di Kota Blitar dengan sampel penelitian 161 siswa. Pengumpulan data X1 menggunakan angket tertutup, X2 menggunakan tes logika, dan Y menggunakan dokumentasi. Analisis menggunakan analisis regresi ganda berbantuan SPSS 16. Hasil penelitian: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y. Sumbangan relatif X1 dengan
Y sebesar 47,47% dan sumbangan relatif X2 dengan Y sebesar 52,53%.

Keywords


kecakapan sosial; kemampuan logika; keberhasilan dalam prakerin

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i1.4595

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by: 

          

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License                                                                                           

 

Flag Counter      View My Stats