MISKONSEPSI TRANSMISI MOBIL DAN PEMECAHANNYA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN PADA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI MOBIL SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian mendeskripsikan pemahaman dan faktor penyebab terjadinya miskonsepsi, serta bentuk pemecahannya melalui pengembangan pada transmisi mobil pada siswa. Digunakan rancangan penelitian mix method dengan metode kuasi experimen. Sampel penelitian terdiri atas 154 siswa di SMK Ne-geri Kabupaten Malang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, in-depth interview¸ survei, dan test, dengan analisis deskriptif kualitatif dan t-test. Hasil penelitian: (1) miskonsepsi terjadi pada konstruksi transmisi mobil, meka-nisme kerja, kerusakan yang sering terjadi, fungsi komponen, gear ratio, dan je-nis transmisi selective gear; (2) penyebab miskonsepsi ditemukan karena faktor internal dan eksternal dan (3) pembelajaran peta pikiran efektif sebagai alternatif pemecahan miskonsepsi.
Keywords
miskonsepsi; mind mapping; transmisi mobil; faktor penyebab miskonsepsi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i2.4911
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)