KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS GURU, KESESUAIAN, DAN HASIL PRAKERIN TERHADAP EMPLOYABILITY SKILLS SISWA SMK
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi persepsi siswa tentang kua-litas guru, kesesuaian, dan hasil prakerin terhadap employability skills siswa SMK. Populasi penelitian siswa SMK Negeri Kabupaten Bangkalan. Sampel ditentukan de-ngan proportional random sampling, sebanyak 152 siswa. Pengumpuln data dengan kuesioner, lembar observasi, dan rubrik observasi, dan analisis dengan regresi ganda. Hasil menunjukkan: (1) persepsi siswa tentang kualitas guru berkontribusi terhadap employability skills sebesar 18,09%; (2) kesesuaian praktik kerja industri berkontribu-si terhadap employability skills siswa sebesar 28,35%; (3) hasil praktik kerja industri berkontribusi terhadap employability skills siswa sebesar 3,75%; serta (4) persepsi sis-wa terhadap ketiga faktor employability skills secara simulatan sebesar 50,30%.
Keywords
employability skills; persepsi siswa tentang kualitas guru; praktik kerja industri
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/tk.v38i2.4953
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
ISSN 2477-0442 (online)
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
![](/public/site/images/angger/logo_um_transparancopy.png)